Tips Membuat NewsLetter Profesional

Posted: 18 June 2009 in Tips & Tricks
Tags: , , ,

Sebenarnya tulisan saya yang berjudul “Tips Membuat NewsLetter Profesional” ini sudah lama sekali saya tulis di sini, yaitu tahun 2005. Awal saya membuat tulisan itu karena bos menugasi saya untuk menerjemahkan sebuah artikel tentang pembuatan newsletter dan akan mempostingnya di blog perusahaan. Saya yang tidak terbiasa menulis (saya lebih senang membaca) merasa ‘terpaksa’ untuk menuliskannya. Namun, setelah bersusah payah menyusun kata-kata, akhirnya jadilah tulisan itu, dimuat di blog dan selanjutnya saya lupakan.

Pak Nukman memang sudah lama menginstruksikan supaya anak buahnya rajin menulis. Untuk personal branding kata beliau. Tapi, tetap saja saya merasa sulit menemukan kata-kata yang pas untuk menjadi suatu artikel😀.

Hingga kemarin, iseng-iseng saya googling nama lengkap saya, Donna Ardiani. Hasilnya, selain beberapa akun saya di dunia maya dan artikel yang saya forward di milis, saya juga menemukan ini, ini, ini dan ini.

Ternyata…. Artikel yang saya anggap cuma tugas belaka dan sudah saya lupakan, bermanfaat buat orang lain (*terharu mode on*). Tulisan ecek-ecek saya itu masih ada yang mengomentarinya hingga kini (tahun 2009), walaupun sedikit. Untuk semua orang yang berkomentar di semua postingan saya itu dan mendapatkan manfaat darinya, saya ucapkan terima kasih atas apresiasinya.

Inilah isi postingan saya selengkapnya itu:

Tips Membuat NewsLetter Profesional
Nukman Luthfie – Online Strategist –> (tambahan dari saya: ini nama bos saya yang upload postingan ini di blog perusahaan)
10 Oct 2005

Membuat e-newsletter yang baik dan profesional selalu menjadi tantangan bagi banyak e-marketer. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh pakar usability, Jakob Nielsen, sekitar 50% pembaca hanya melihat sepintas atau membaca sedikit dari newsletter yang mereka terima. Hanya 23% yang benar-benar membaca seluruh isi newsletter. Sisanya sama sekali tidak pernah membukanya.

Jadi, bagaimana cara terbaik agar newsletter Anda dibaca target audience?

Rancang Newsletter yang Menarik
Desainlah agar newsletter Anda mudah dilihat meski sepintas. Kuncinya:

  • Gunakan paragraph singkat
  • Gunakan poin-poin
  • Sertakan banyak spasi putih di antara tiap topik
  • Beri penekanan pada topik dalam newsletter tioe (saya lupa, kata ‘tioe’ ini maksudnya gimana :D) HTML dengan huruf kapital atau huruf tebal

Sertakan Judul Newsletter di Kolom Subject
Sertakan judul newsletter di awal kolom subject sehingga pembaca dapat membedakan newsletter Anda dari email sampah. Pembaca juga dapat menyortir newsletter Anda langsung menuju folder terpisah dengan menggunakan filter email.

Gunakan Judul yang Menjual
Iklankan cerita yang paling menarik pada setiap edisi di kolom subject. Anda hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk memperoleh perhatian pembaca, maka manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

Sertakan Daftar Isi
Sertakan daftar isi di bagian atas newsletter untuk memudahkan pembaca menyeleksi topik yang menarik minat mereka.

Sisipkan Line Break
Tingkatkan tampilan newsletter yang mudah dibaca. Gunakan hard line breaks, 60/65/70 karakter per baris. Anda dapat menggunakan editor teks seperti TexPad (http://www.textpad.com), dan mengesetnya untuk dapat menyisipkan hard carriage returns pada akhir setiap baris di karakter ke 65.

Perbaiki Link yang Panjang
Hyperlink yang terlalu panjang kemungkinan akan menjadi rusak jika Anda memformat email menggunakan line break pada 60/65/70 karakter per baris. Cara memperbaikinya, matikan fungsi word wrap setelah Anda menyisipkan carriage return. Lalu, edit linknya secara manual untuk memastikan bahwa linknya terletak pada satu garis. Ketika email dikirimkan, linknya mungkin saja tetap dalam dua baris, namun sekarang dapat diklik.

Desainlah Newsletter tipe HTML yang User-Friendly
Banyak orang yang menggunakan resolusi layar 800×600, namun tampilan preview email biasanya jauh lebih kecil daripada ukuran tampilan layar maksimal. Maka, formatlah lebar tabel HTML Anda pada 500-600 piksel, atau gunakan lebar tabel relatif (presentase- harusnya persentase), yang memungkinkan newsletter Anda dapat disesuaikan ukuran tampilannya jika dilihat di windows yang berbeda ukurannya.

Ditulis oleh
Donna Ardiani

———

Oh ya, terima kasih untuk suamiku tercinta yang sudah memberi semangat padaku untuk menulis secara teratur. Love you.. mmmmuah, mmmuah.

Comments
  1. angga chen says:

    thanks ya atas infonya

  2. ok terima kasih untuk ilmunya,.,.,

  3. julianusginting says:

    ya ya ya…mantafff..🙂

  4. Liena says:

    mantap tips nya

  5. okie sangat cocok bagi saya yang sedang menggarap salesletter pada penjualan saya Gan, makasih udah berbagi ilmunya…..

  6. arsyad idris says:

    Trimks Bu atas tulisannya. Kebetulan saya sedang mencari referensi untuk membimbing siswa yang akan membuat newsleller.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s