Akhir-akhir ini saya sedang hobi buka (dan upload foto) situs ini.šŸ˜€ Awalnya saya tau situs ini dari Malingsia, sebuah situs yang meng-counter sebuah blog Malaysia – yang menjelek-jelekkan Indonesia tanpa sedikitpun menulis sisi positifnya. Bagi yang belum tau situs Truly Indonesia, situs ini merupakan situs berbagi foto-foto keindahan Indonesia (alamnya, orang-orangnya, adatnya dsb). Siapa saja bisa register secara gratis untuk bisa meng-upload/download foto-foto. Setiap foto yang di-upload tidak akan langsung tayang di Truly Indonesia, harus menunggu approval adminnya dulu. Kategori dalam situs ini adalah semua propinsi di Indonesia.

Setiap foto yang di-upload wajib diberi judul dan bisa diberi deskripsi foto beserta keywords-nya untuk memudahkan pencarian. Selain foto besarnya (maksimal lebar 800 piksel dan maksimal tinggi 1200 piksel), user juga harus meng-upload thumbnail (maksimal lebar 100 piksel dan maksimal tinggi 100 piksel) dari foto tersebut-thumbnail tidak dibuat otomatis oleh sistem.

Oh ya, selain upload sendiri, fotonya juga bisa diambil dari URL yang sudah ada.

Saya register menjadi member Truly Indonesia sejak 4 Desember 2007 dan langsung meng-upload foto-foto hasil mudik ke Bukittinggi, tentu saja di bagian propinsi Sumatra Barat.šŸ˜€ Semua foto hasil upload-an saya ada disini.

Top images isinya adalah semua foto yang paling banyak diakses, di-download user ataupun yang mendapatkan rating/voting yang tinggi dari user lain. Foto-foto karya saya juga ada si situ loh.

Foto-foto yang saya upload itu selain hasil jepretan saya, adik saya, Angga (foto-foto pemandian Guci), juga hasil jepretan uda (suami tercinta), terutama foto-foto Sumbar dan hasil jepretan teman saya mas Bahtiar (foto-foto DKI).

Kalo ada yang jeli memperhatikan, saya ada di tiga foto Sumbar. Ada yang keliatan jelas, ada juga yang cuma “penampakan”. hehehehe…

Mungkin karena masih baru (hasil lookup di sini menunjukkan domain situs ini baru dibeli tanggal 5 Nopember 2007), maka masih banyak propinsi yang foto-fotonya belum ada. Bali menjadi propinsi yang fotonya paling banyak (43). Propinsi yang masih belum ada fotonya: Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara.

Kalo teman-teman punya foto Indonesia yang bagus, ayo dibagi di situs ini!! Supaya dunia tau kalau Indonesia itu indah, ngga cuma kerusuhan dan bencana alam saja seperti headline media-media luar.. Tahun 2008 juga merupakan program pemerintah untuk “Visit Indonesia Year”.

UPDATED on Dec 3, 2008:

kemaren saya coba akses lagi situs truly Indonesia itu.. ternyata format webnya udah ganti. yang tadinya member disana bisa upload langsung disitu, sekarang, hrs jadi member flickr dulu baru bisa. dan parahnya.. semua gambar yg prnh saya upload, hilang semua!! Ā  rating gambar juga udah pasti hilang… jadi males buat ikutan promosi keindahan indonesia di situ.

Comments
  1. mas roy says:

    pamer foto neh…he2

  2. Lintasberita says:

    Artikel di blog ini bagus. Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

    http://www.lintasberita.com/Lokal/Truly_Indonesia/

  3. calandrea says:

    Makasih Mbak/mas dari Lintas Berita..

    Saya ngga keberatan untuk memasang widget Lintas Berita di blog ini. Saya sudah download widgetnya, tapi saya masih ngga paham dengan instruksinya.

    Setelah login ke WordPress, menu Pilih Plugin nya ada dimana?
    Ada yang bisa bantu?
    Makasih

  4. masih ada foto yang ??????????????

  5. masih ada foto yang ?????????????????????

  6. jemiro says:

    Indonesia merupakan negara terindah dalam sudut pandang saya, sebuah negarra yang punya berbagai suku dan budaya, keindahan luar biasa, sayangnya terkadang 1 atau hanya segelintir orrang yang berbuat tidak selayaknya bangsa indonesia membuat citra indonesia menjadi jelek, oleh karena itu, saya berharap, para fotografer indonesia mengabadikan gambar-gambar suku dan keramahtamahan indonesia juga dan di uupload ^^ sehinga semua orang akan tau indahnya indonesia!

    • calandrea says:

      iya.. setuju banget.

      kita jg bisa promosi keindahan indonesia via internet, misalnya lwt youtube yg banyak diakses org sedunia. kalo ga bs bikin film, buatlah slide show pake windows movie maker misalnya utk dijadiin film yg diupload ke youtube. slide shownya dari foto2 (keindahan alam, budaya, adat istiadat dll) yg kita punya saat jalan2/dinas keliling indonesia. trus, kalo udah diupload di youtube, jgn lupa kasih tag yg menjual ttg keindahan indonesia.

      saya mo bikin.. tp lom sempat nih..

Leave a Reply

