Gedung Pertamina yang Ironis

Posted: 16 October 2006 in Dunno

Gambar diambil dari detik.com

Tadi pagi saya diberi tahu rekan sekerja bahwa Gedung Pertamina Pusat kebakaran. Lalu saya cari beritanya di Detik Detik.Yang bikin saya ngenes, waktu saya baca Berita ini berita ini. Di situ, tepatnya di dua paragraf terakhir disebutkan bahwa (saya kutip sesuai yang tertulis di artikel itu): “Gedung Pertamina tidak memilii 9 ketidaklayakan yaitu, hidran, lift kebakaran, alarm kebakaran, springkler, kipas, penekan asap, lampu penerangan darurat, penunjuk arah, kabel, dan shaft. ” Seharusnya tertulis Gedung Pertamina memiliki 9 ketidaklayakan dst…

Saya pernah diajak ortu dalam rangka reuni SMA-nya ke gedung itu. Walaupun saya ga menjelajahi seluruh lantai gedung, hanya di auditoriumnya saja, tapi kesan yang saya tangkap adalah M E W A H. Entah saya yang udik atau gimana, tapi yang jelas waah. Langit-langit auditoriumnya tinggi. Lampu gantungnya besar sekali, tirai penutup kacanya yang entah berapa meter tingginya (apalagi lebarnya) berbahan beludru halus. Karya seni banyak dipajang di dinding-dindingnya, dengan interior yang juga ga kalah mahal (menurut saya :P).

Ironis sekali pikir saya setelah baca artikel tadi, Pertamina lebih mengutamakan gaya (CMIIW) daripada aspek keselamatan. Selain itu, ada selentingan di kantor kalau kebakaran itu disengaja, untuk menghilangkan jejak dokumen-dokumen pajak. Wallahu alam bi showab.

Comments
  1. fatur says:

    Main api hangus main air basah.
    Main minyak terbakar main *air* mandi basah.

    Orang pertamina sebetulnya disayang Tuhan, sebab dibulan romadhon ini mereka dikasih tahu panasnya api nereka. Mudah2an bukan peringatan terakhir.

  2. BARRY says:

    Sesuatu yang “basic” seharusnya diselesaikan dulu sebelum yang lainnya dibagusin.

  3. Semoga Pertamina segera “sembuh”

  4. calandrea says:

    @ fatur: amiinn..
    @ Ajie: yang keliatan sih gitu Jie
    @ BARRY: iya, mas Barry. Btw, makasih udah mampir.
    @ Dedi:amiin.

  5. Pshyco OiLer says:

    @ all : halach yg lekas sembuh itu smua prusahaan minyak di Indo…kalo’ udah ngurusin SDA negara yg satu ini (minyak) jarang ada yg jujur…bahkan prusahaan minyak negara ASING yg ada di INDO skalipun (mhn maaf)….krn saya udah pernah mengamatinya langsung…bercekcok dgn mereka…tapi wkt itu sy sbg ” SPY “…bukan sbg mafia..

    “anti Devils Hole”

Leave a Reply

