Jalan-jalan ke Phuket & Krabi: Berburu tiket pesawat dan tempat menginap murah

Posted: 9 March 2012 in Tips & Tricks, Travelling
Tags: , , , , , , , , , , , ,

Jalan-jalan tahun 2012 ini dimulai dari penawaran menarik dari Deal Keren -sekarang namanya Living Social Indonesia- di bulan September 2011. Di situ ada deal menginap 3 hari 2 malam di Krabi Tipa Resort, di Ao Nang, Thailand dengan diskon >50%. Deal senilai Rp 2.399.000 per orang itu setelah diskon menjadi Rp 579.000. Bayangkan, hemat Rp 1.820.000 per orang! Fasilitas yang didapat: kamar deluxe untuk berdua (harga kamar THB 4.500 per malam atau Rp 1.381.500 per malam), sarapan 2x, makan malam 1x dan paket tour senilai THB 600 (Rp 184.200) ke empat pulau (Pulau Koh Kau, Koh Poda, Ta-Lay Weh Koh Tab, dan Phra Nang Cave) di Krabi. Voucher Deal Keren ini berlaku mulai 14 September 2011 hingga 15 April 2012. Updated (2 April 2012): Ini dealnya.

Di syarat dan ketentuan deal tersebut tertulis penggunaan voucher pada 16 Nopember 2011-21 Februari 2012 akan dikenakan biaya surcharge THB 1.500 (Rp 460.500) per orang karena peak season.  Kami adalah bargain hunter, maka peak season tersebut tentu saja kami hindari. ¦-þ

Setelah mendapatkan tempat menginap dan tanggal yang harus dihindari, langkah selanjutnya adalah mencari tiket pesawat murah ke Thailand. Lokasi Krabi yang jauh dari Bangkok -12 jam perjalanan darat- membuat kami mencari tiket pesawat murah Jakarta-Phuket. AirAsia kembali menjadi pilihan kami. Saya mengecek satu per satu harga tiket promo (Jakarta-Phuket) AirAsia dari tanggal 22 Februari 2012 sampai menemukan harga yang paling murah untuk berangkat tanggal 4 Maret dan pulang tanggal 7 Maret 2012. Setelah ditambah airport tax, fuel surcharge dan pick a seat untuk 2 orang, total biaya yang harus dibayar untuk penerbangan Jakarta-Phuket pp adalah Rp 2.438.000. Atau Rp 609.500 per orang untuk sekali jalan. Lebih murah daripada penerbangan domestik dengan maskapai lain.

Phuket dan Krabi berada di pulau yang berbeda. Penerbangan kami dari Jakarta hari Minggu tanggal 4 Maret 2012 pukul 17.20 dan tiba di Phuket pukul 20.10. Tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan Phuket. Karena waktu tiba di Phuket malam, kami harus mencari tempat menginap di Phuket. Atas rekomendasi teman saya yang sering berwisata ala backpacker, saya mencari di Agoda.

Setelah menyortir banyak hotel murah di Phuket (bujet kami batasi < Rp 200.000 per malam), membaca review para tamu hotel dan juga melihat peta lokasinya saya memilih Rattana Mansion. Pertimbangannya adalah lokasinya dekat (bisa ditempuh dengan 10 menit berjalan kaki) dengan terminal bus Phuket di kota Phuket, dekat dengan tempat makan halal dan jauh dari keramaian Bangla Road di malam hari. Bangla Road ada di bagian lain Phuket, dekat pantai Patong dimana banyak diskotik dan klub malam yang nota bene banyak turis mabuk dan kebisingan di malam hari.

Kami cuma perlu istirahat satu malam di Phuket sebelum melanjutkan perjalanan ke Krabi. Menginap satu malam di Rattana Mansion Rp 179.973. Padahal harga sebenarnya (bukan tarif internet) THB 300/malam atau Rp 92.100/malam. Kami tahu setelah tiba disana dan menemukan bukti pembayaran di laci kamar hotel kami. Biasanya tarif internet lebih murah daripada tarif sebenarnya. Tidak apalah kami membayar lebih mahal, yang penting kami dapat kepastian kamar saat kami tiba disana.

Jeda waktu antara pembelian voucher menginap+tiket pesawat dengan tanggal berangkat kami gunakan untuk riset atau Googling. Hal-hal yang penting untuk digoogling:

  1. Nama dan alamat hotel di Phuket dan Krabi dalam aksara Thai. Ini penting untuk bertanya arah hotel kepada penduduk setempat yang tidak bisa membaca alfabet, apalagi mampu berbahasa Inggris.
  2. Peta
    • Peta hotel di Phuket dan Krabi
    • Peta Bandara Phuket
    • Peta Terminal Bus Phuket
    • Peta Terminal Bus Krabi
    • Peta restoran/tempat makan halal
  3. Transportasi
    • Bandara Phuket-terminal bus Phuket
    • Terminal bus Phuket-terminal bus Krabi
    • Terminal bus Krabi-hotel di Ao Nang, Krabi
  4. Tempat wisata yang harus dikunjungi: asiawebdirect.com, phuket.com, phuket.net, wisatathailand.com, krabi.comkrabi.sawadee.com, tourismthailand.org.
  5. Waktu sholat setempat dan arah kiblatnya: www.salat-time.com
  6. Restoran halal: www.zabihah.com
  7. Lokasi masjid
  8. Info tentang Phuket dan Krabi: hal apa saja yang harus diperhatikan, dihindari maupun dilakukan. bisa mengecek dari web-web yang ada di poin 4 ataupun googling lagi.

Semua itu dapat dicari dengan bantuan mbah Google. ♥♥♥♥

Biaya untuk dua orang:

Krabi Tipa Resort, 3 hari 2 malam, Rp 579.000 x 2 = Rp  1.158.000

Pesawat Jakarta-Phuket pp = Rp  2.438.000

Rattana Mansion 1 malam  = Rp  179.973

Total = Rp  3.775.973

Bersambung…

About these ads
Comments
  1. Sekadar informasi, jika ingin membandingkan harga hotel di Phuket bisa cek di http://tarif.hotelmurahdiskon.com/Country/Thailand.htm

  2. I am actually grateful to the holder of this site who has shared this enormous paragraph at here.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s